Kalimat Bahagia dari Mr.BamS


Pertemuan keenam menulis bersama Om Jay telah selesai, kewajiban peserta untuk meresume seperti biasanya segera kulaksanakan. Untuk pertemuan keenam kali ini sangat seru, karena sebagai moderator ibu Aam Nurhasanah dan ditemani oleh narasumber yang ahli dalam bidang blog, baik wordpres maupun blogsopt. Siapakah beliau? Beliau adalah Bapak Bambang Purwanto, S.Kom.Gr. Beliau mempunyai banyak sebutan, karena beliau termasuk orang yang multitalenta. Kalau di rumah (keluarga) dipangil Abang, saat menjadi pendongeng dipanggil Ayah Salwa dan saat mengajar di SMP Taruna Bakti dipanggil Mr.BamS. Untuk selengkapnya profil beliau bisa di lihat di https://penamrbams.id/profil-mr-bams/ 

Beliau menjadi guru TIK di SMP Taruna Bakti, Koordinator Literasi juga pembina kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Untuk profesi beliau selengkapnya bisa dilihat digambar di bawah ini.


Karena beliau banyak sekali profesi yang disandang, tentu saja sederet prestasi juga beliau peroleh, bisa dilihat di diagram di bawah ini.


Sapaan beliau yang khas, selamat malam guru-guru hebat se-Indonesia merupakan penyemangat bagi saya untuk mengikuti kelas online pada pertemuan keenam ini. Walaupun segudang prestasi yang beliau raih, tetapi beliau tetap merendah, dan tetap ingin selalu belajar. Karena semakin banyak ilmu, orang akan terus haus pengetahuan dan tidak akan puas dengan ilmu yang dimiliki. Beliau juga mengikuti kelas grop menulis bersama Om Jay pada gelombang delapan, bersama bu Aam. Tetapi beliau lebih fokus ke blognya.

Awalnya beliau menggambarkan sebuah blog. Dari gambar tersebut bisa saya ambil kesimpulan, setelah kita punya blog, kita bisa mendokumentasikan berbagai tulisan. Tulisan bisa untuk menuangkan isi pikiran,  gagasan- gagasan berdasarkan hobi, pengalaman pekerjaan, latar belakang kehidupan serta ide-ide kita yang muncul saat itu. Semua bisa diceritakan lewat blog. Setelah kita punya blog sebaiknya dikelola dengan konsisten, dengan cara mengisinya dengan tulisan yang mengapdate berita kekiniian juga bagus digunakan utuk pembelajaran daring seperti saat ini.

Mengenai blog ada yang memakai wordpres ada juga yang memakai blogsport. Sebagian orang menganggap bahwa Wordpres lebih sulit dari pada blogsport. Sebenarnya tidak sulit untuk mengelolanya, asal punya kemauan yang keras pasti semua bisa teratasi dan akan terasa mudah.

Di masa pandemi seperti sekarang blog sangat berguna karena pembelajaran harus secara online. Blog merupakan wadah yang sangat pas untuk pembelajaran secara online. Seperti yang dilakukan Mr.BramS sejak Maret sampai Agustus dengan membuka kelas belajar tentang blog sampai 8 kelas, dari kelas pemula sampai kelas lanjutan dengan cara berbayar.

Tetapi sudah kurang lebih satu bulan Mr.BamS mencoba membuat kelas gratis belajar Blog wordpres, pesertanya ada 48 orang. Pertemuannya hanya seminggu sekali, karena materi tutorial disampaikan lewat You tube. Setiap hari selasa kelas dibuka, dari bakda isya sampai pukul 21.00. Pada saat pertemuan itu para peserta bisa menanyakan hal- hal yang belum difahami dari materi yang ada di Yuotube. Hal tersebut sangat berbeda dengan belajar blog secara mandiri, sebagai pembimbing Mr.BamS harus sehari full mempersiapkan untuk mendampinginya.

Beliau senang menebarkan kalimat bahagia, karena kalimat tersebut bisa menjadi penyemangat dalam hidup dan orang yang mendengar bisa merasakan kebahagiaan. Membuat kalimat bahagia tidak mudah. Untuk setiap hari membuat kalimat bahagia lebih sulit daripada membuat beberapa kalimat menjadi satu paragraf dengan kalimat biasa. Pembelajaran seperti itu dilaksanaknan oleh Mr. BamS di weeb yang dikelolanya.

Setiap manusia lahir mempunyai potensi yang luar biasa, tinggal kita mengasahnya. Kata dan kalimat yang baik, bisa untuk mengembangkan potensi yang kita punya. Dengan setiap hari membuat kalimat bahagia, bisa membuat penyemangat hidup, sebagai bentuk dari latihan menulis seperti yang dilaksanakan saat ini.

Sebagai contoh kalimat bahagia yang dibuat oleh Mr.BamS “Selalu barada di tempat baik, adalah salah satu cara menjaga diri”. Kalimat tersebut mengandung makna yang sangat luas. Kalau kita berada di lingkungan orang- orang yang baik, tentu saja kita akan terbawa baik. Seperti halnya kita sekarang berada di grop WA belajar menulis, otomatis kita akan terpancing untuk senang menulis, karena disitu yang dibahas tentang menulis. Dengan kita mengunjungi blog teman- teman yang ada di grop yang blognya  bagus- bagus, kita pasti iri ingin bisa juga mengelola blog kita dengan isi tampilan yang bagus pula.

Untuk menstimulus supaya bisa terus menerus membuat kalimat bahagia Mr.BamS mempunyai program terhadap anggota keluarganya. Setiap hari Sabtu masing- masing anggota keluarga wajib berbagi satu kata semangat. Setiap hari Minggu membuat kalimat bahagia, seperti yang di contohkan Mr. BamS  kalimat bahagia untuk putrinya “Salwa, kamu pasti bisa dan yakin diterima di UPI jurusan Bahasa Indonesia”.

Disamping sebagai Blogger, Mr BamS juga aktif sebagai penggiat literasi. Gerakan literasi yang beliau kelola dari tingkat keluarga samapi gerakan literasi nasional.

-       GLN (Gerakan Literasi Nasiolnal.

-       GLS (Gerakan Literasi Sekolah).

-       GLM (Gerakan Literasi Masyarakat), Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lebakwangi

-       GLK (Gerakan Literasi Keluarga)



Dalam mengelola blog, kita harus belajar dengan tekun, rajin berlatih, sabar kalau mendapat kesulitan. Jangan cepat menyerah, misalnya jarang posting tulisan, terus berhenti, hindarkan hal- hal seperti itu. Konsisten dalam menulis bisa untuk mewujudkan blog kita hidup, yang akan menunjang untuk membuat buku, memosting pembelajaran dan lain-lain.

Sebagai kata penutup Mr. BamS ditemani oleh Mario Teduh sebagai motivatornya. Sebenarnya Mario Teduh bukan nama orang tapi merupakan kalimat bahagia, yang akan menjadi penyemangatnya dalam kehidupan sehari- hari. Mario Teduh (Mari Ayo Tenang Dalam Urusan Hidup). Jadi dalam urusan menulis harus dengan riang gembira, lakukan dengan suka cita, apapun yang bisa ditulis, tulis saja. Apabila sudah punya blog, tulisan kita posting di blog, supaya bisa dibaca dan dinikmati oleh banyak orang diluar sana.

 Salam literasi, sampai jumpa resume berikutnya

 


 



Komentar

  1. Salam Literasi.
    Senang membaca tulisan ini, ditunggu tulisan berikutnya

    BalasHapus
  2. Mantaap bu , better late than never..

    BalasHapus
  3. Mantap dah bagus, Bu.
    Lanjutkan dan saling kunjungi yaaa...
    Ditunggu ngihhh...

    BalasHapus
  4. Terima kasih bapak & ibu sudah berkunjung, semoga kedepan bisa lebih baik

    BalasHapus
  5. salam literasi, menarik sekali ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Bersama Cikgu Tere

Usia Muda Penuh Karya

Menulis Buku Tembus Penerbit Mayor