Guru Sekaligus Content Creator

00

Belajar menulis bersama Om Jay pada pertemuan keempat ini sungguh luar biasa. Kali ini Om Jay menghadirkan narasumber yang masih muda, tetapi sudah memiliki segudang prestasi yang luar biasa. Siapakah gerangan pemateri malam ini? Beliau adalah Bapak Hamzah Ramdhani, lahir di kota Morowali, 22 Juni 1986. Bertugas di SMP Negeri 2 Bumi Raya, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Sederet prestasi yang beliau raih adalah Juara 1 Guru Berprestai tingkat Provinsi tahun 2017, Duta Rumah Belajar 2019, Pendamping Guru Penggerak, Instruktur Nasional Kegiatan Rumah Belajar, Juara 2 Inovasi Pembelajaran Masa Pendemi tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dan juga menjadi seorang Konten Kreator.

Banyak sekali karya kreatif di bidang pendidikan yang dihasilkan oleh beliau dan telah diposting di Youtube. Selain aktif di bidang audio visual, beliau juga aktif dalam bidang menulis karya ilmiah, terbukti telah banyak karya beliau yang terbit diantaranya membuat buku IPA panduan guru dan siswa berdasarkan kurikulum 2013, suplemen pembelajaran dan modul IPA.

Beliau mengawali pertemuan dengan sebuah kalimat bijak “Ketertarikan seseorang untuk membaca tulisan terletak pada paragraf pertama. Paragraf pertama akan mempengaruhi sikap pembaca untuk membaca suatu tulisan.”  Dalam membuat sebuah tulisan pada paragraf pertama harus mampu menghipnotis pembaca agar mampu meningkatkan rasa penasaran untuk melanjutkan membaca tulisan tersebut hingga tuntas.

Pada pertemuan kali ini, berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya. Kali ini Bapak Hamzah Ramdhani akan memberikan materi melalui sebuah video terkait pembelajaran, hasil karya beliau karena memang beliau seorang konten kreator. Para peserta diminta untuk memberikan analisa terhadap video tersebut. Adanya kemajuan zaman yang telah memasuki era revolusi industri 4.0 menuntut bagi kita semua untuk mampu beradaptasi di berbagai aspek kehidupan. Seorang pendidik harus memiliki berbagai kemampuan untuk meningkatkan profesionalitasnya dalam bekerja.

Beliau memberikan dua video pembelajaran yang berbeda, keduanya menunjukkan perbedaan kuailtas pembuatan serta sudut pandang dalam penyampaian materi. Video yang pertama guru tidak langsung tampil di depan kamera, namun berperan sebagai dubbing menjelaskan gambar maupun video yang dibuat. Sedangkan video pembelajaran yang kedua, seorang guru tampil langsung sebagai pengajar menjelaskan materi yang ada pada video.

 

Di tengah pandemi saat ini, seorang guru harus mampu meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan teknologi. Dalam merancang suatu pembelajaran, guru dapat menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Seorang guru harus dituntut kreatif dalam memberikan materi ketika pembelajaran jarak jauh. Guru harus mampu meningkatkan rasa semangat belajar peserta didiknya walaupun belajar secara daring.

Dengan mengikuti pelatihan menulis ini, walaupun saya termasuk generasi tahun 60-an, saya mampu meningkatkan semangat belajar terkait IPTEK. Saya terus mencoba dan berusaha semaksimal mungkin dengan dorongan motivasi dari keluarga maupun rekan kerja. Materi yang disampaikan oleh Bapak Hamzah Ramdhani menjadikan wawasan saya mengenai media pembelajaran berupa video semakin meningkat. Media pembelajaran berupa video, menurut saya merupakan salah satu media yang mampu menarik perhatian peserta didik untuk mendalami materi yang guru sampaikan dengan sangat antusias.

Bapak Hamzah Ramdhani memberikan contoh berupa dua video sebagai contoh pembelajaran di tengah pandemi. Video yang pertama yaitu https://youtu.be/PSJ2wA5LVD0 menjelaskan terkait materi sistem gerak hewan dan tumbuhan. Dalam hal ini, pembuatan video lebih ditekankan pada animasi dan memberikan dubbing. Video yang kedua yaitu  https://youtu.be/1J2mCcpSOwY menjelaskan terkait matei perkembangbiakan hewan. Dalam pembuatan video kedua ini seorang guru menampilkan wajahnya dan menjelaskan secara jelas yang akan direkam kemudian diedit hingga menjadikan hasil yang maksimal.

Bapak Hamzah Ramdhani membagikan wawasan baru terkait step by step dalam pembuatan video yang dibuat sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

1.    Analisis KI-KD

Dalam suatu pembelajaran harus didasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang berlaku dalam kurikulum saat ini.

2.    Memilih indikator yang akan dibuatkan video pembelajaran

Video harus khusus menjelaskan sesutau hal yang telah tercantum dalam indikator pembelajaran sesuai kurikulum yang digunakan.

3.    Mengumpulkan aset video

Aset video berupa foto, gambar, animasi, ilustrasi, maupun grafik. Seorang guru harus kreatif dalam membuat maupun mencari sumber aset ini disertakan dengan menyantumkan sumber agar menghindari plagiasi.

 

4.    Proses Perekaman

Alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan video yaitu tripod, kamera, maupun smartphone. Dalam hal ini harus meningkatkan skill penggunaan teknologi tersebut.

5.    Editing Video Pembelajaran

Hasil rekaman harus melalui tahap editing. Dibutuhkan kemampuan yang cakap untuk melakukan editing video yang dapat dipelajari melalui beberapa channel youtube.

6.    Review dan Revisi

Setelah melalui serangkaian langkah diatas, video tersebut harus melakukan tahapan finishing. Harus diteliti dan dicermati agar semua materi yang disampaikan nantinya mampu meningkatkan wawasan bagi siswanya dan mampu menarik perhatian.

 

Dengan memahami beberapa tahapan dari membuat sebuah video, semakin meningkatkan rasa semangat saya untuk mempelajari berbagai proses dalam editing video agar menciptakan video pembelajaran yang menarik. Saya salut kepada Bapak Hamzah Ramdhani yang mempelajari teknik pembuatan video secara otodidak. Dalam pembuatan video tersebut, Bapak Hamzah Ramdhani menggunakan aplikasi kinemaster. Hal ini menambah motivasi saya untuk selalu berusaha dalam belajar sesuatu hal yang baru.

 


Komentar

  1. mantaps resumenya, lanjutkan dan kembangkan lagi...salam sukses

    BalasHapus
  2. Wah resumenya sudah merangkum semua yg disampaikan narsum muda kita.. semangat bu kita sukses bersama..

    BalasHapus
  3. Keren dan tetap semangat
    Ayo saling semangati.
    Indahnya berbagi
    Salam bloger

    BalasHapus
  4. Terima kasih teman teman, atas suportnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Bersama Cikgu Tere

Usia Muda Penuh Karya

Menulis Buku Tembus Penerbit Mayor