Pengalaman Pertama Nge Blog

 



Di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal itu  salah satu cara untuk mencegah penularan covid-19. Sebagai guru di saat seperti ini harus bisa mengemas pembelajaran secara kreatif dan inovatif, supaya peserta didiknya akan merasa senang dan nyaman walaupun tidak bertemu langsung dengan gurunya.

Siang tadi merupakan pengalaman pertamaku mengikuti Diklat Online tentang pembuatan Blog. Sebagai guru di Abad 21 harus bisa mengikuti perkembangan zaman, terutama dalam hal mengemas pembelajaran. Suasana seperti sekarang ini memang sangat tepat untuk melaksanakan Diklat Online. Bisa menimba ilmu dengan tidak harus keluar rumah, cukup membuka laptop atau Handphone sambil duduk di ruang tamu atau teras.

Siang yang sangat panas ku buka whatshap grup peserta diklat APKS 1, yang telah dibuat bapak Andi seminggu yang lalu. Dengan hati yang sangat gundah aku mengikuti perintah dari admin grup bapak Andi, untuk mengisi daftar hadir peserta. Baru selesai mengisi daftar hadir, tiba - tiba listrik padam. Otomatis Wifi sekolahanku hilang dari jaringan internet. Kebetulan paket dataku juga tinggal sedikit. Aku langsung bergegas pulang, takut kalau nanti kehabisan paketan untuk mengikuti Diklat Online. Sambil berjalan pulang aku berdoa semoga di rumah listrik tidak padam, sehingga aku bisa mengikuti Diklat Online Cara Mudah Membuat Blog samapai selesai.

Alhamdulillah sampai rumah ternyata listrik tidak padam. Dengan penuh semangat aku buka lagi Hpku supaya bisa mengikuti Diklat Online sampai selesai. Kebetulan anak saya di rumah juga baru melaksanakan kuliah secara virtual. “Mi pakai laptop saja biar mudah mengikutinya “ kata Rizki anak saya. Kebetulan aku masih gaptek, langsung diakseskan lewat laptop sama anak saya.

Walaupun saya dengan perjalanan dari sekolahan sampai rumah, aku  belum terlambat mengikuti diklat. Masih bisa mendengarkan pengantar dari ketua APKS PGRI Provinsi Jawa Timur Bapak Drs. Bambang Sutego, M.M selaku moderator. Beliau mengatakan bahwa wifi itu di jaman sekarang merupakan kebutuhan penting. Selanjutnya penyampaian sambutan dari ketua PGRI provinsi Jawa Timur, Bapak Drs. H.Teguh Sumarno, M.M, beliau sebagai Keynaote Speker.

Tibalah saatnya penyampaian materi oleh bapak Wijaya Kusumah, S.Pd. M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa membuat blog itu tidak susah. Blog bisa digunakan untuk menulis apa saja, dan tulisan yang ada di blog bisa dilihat oleh semua orang dan tidak akan hilang sampai kapanpun. Bahkan blog bisa untuk berdagang. Tertarik sekali aku untuk mengikuti, karena sampai saat ini saya belum pernah membuat tulisan di blog. Walaupun saya termasuk orang yang ketinggalan zaman, di zaman seperti sekarang kok belum mengerti tentang blog. Terima kasih Om Jay, bapak telah membuka ketertinggalan saya.

Semoga dengan mengikuti diklat ini, akan membuka pikiran saya untuk senang menulis di blog. Tentu saja harapanku bisa menambah wawasan tentang pembuatan media pembelajaran lewat blog.

 




Komentar

  1. Teruslah berkarya dan berbagi melalui blog
    Kunjungi juga blog saya ya..
    https://onnyrudianto.wordpress.com/

    BalasHapus
  2. Terima kasih pak Onny
    ini msih bingung menyisipkan gambar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Bersama Cikgu Tere

Usia Muda Penuh Karya

Menulis Buku Tembus Penerbit Mayor